en id

Berita

DUA ORANG DISANDERA DI BANDARA ADI SOEMARMO

24 Mar 2016

kembali ke list


Boyolali- Suasana mencekam terjadi sekitar pukul 13.45 wib di bandara adi soemarmo, tiga orang berhasil diamankan dan dua orang tewas tertembak. Kejadian bermula saat tiga orang penumpang membuat keributan dan mencoba melakukan pembakaran di lounge ruang tunggu lantai III Bandara Adi Soemarmo sehingga diamankan oleh petugas aviation security, siapa menduga mereka adalah kelompok teroris. Mengetahui teman mereka diamankan, 2 orang teroris yang masih berada diluar melakukan penyanderaan terhadap 2 orang karyawati cafe, mereka mengeluarkan tembakan laras panjang dan melakukan beberapa kali tambakan sembari mengancam apabila teman mereka tidak dibebaskan maka sandera akan dibunuh dan bandara akan diluluh lantakan.

Sandera dibawa kedalam ruang chek in dan dimasukkan ke suatu ruangan kosong, berkali-kali tembakan dan ancaman terdengar dari dalam ruangan chek in, meminta teman mereka dibebaskan. Petugas Aviation Security meminta bantuan dari TNI AU untuk melakukan pengamanan dan dekitar 15 menit kemudian pasukan pengamanan den bravo paskhas dari TNI AU dengan sigap datang  melumpuhkan dua orang teroris dan menyelamatkan sandera.

Ternyata teroris tersebut sempat menempatkan bom di area cargo bandara Adi Soemarmo, Petugas pun meminta pertolongan dari pihak kepolisian dan tak lama petugas kepolisian melakukan penyisiran dan menemukan bom yang sudah siap diledakkan. Petugas Gegana dengan sigap mengamankan bom tersebut sehingga keadaan terkendali.

Beruntung, kejadian tersebut hanyalah simulasi yang diselenggarakan oleh PT. Angkasa Pura I (Persero) Bandara Adi Soemarmo dalam rangka peningkatan kemampuan personil dalam melakukan tugas pengamanan, latihan ini merupakan program PT. Angkasa Pura I (Persero) untuk meningkatkan dan menguji fungsi koordinasi, komunikasi dan komando personil antar unit maupun antar instansi sesuai dengan tugas masing-masing.

“Sebagai pengelola bandara, kami terus berkomitmen dalam memenuhi aspek dasar Safety, Security, Service dan Compliance. Aspek kemananan dan keselamatan penerbangan merupakan prioritas , latihan ini dilakukan untuk menguji tingkat kesiapan petugas Aviation Security dalam menghadapi ancaman-ancaman yang kemungkinan bisa saja terjadi di Bandara Adi Soemarmo” kata Abdullah Usman General Manager Bandara Adi Soemarmo.

PT. Angkasa Pura I (Persero) sebagai pengelola bandara di kawasan tengah dan timur Indonesia akan terus meningkatkan pelayanan, menjamin kemananan dan keselamatan penerbangan bagi pengguna jasa bandara.