en id

Berita

Latihan Rutin Hot Drill AFFR di Bandara Adi Soemarmo

03 Jul 2015

kembali ke list


Boyolali -  04 Juni 2015  telah dilangsungkan latihan rutin Hot Drill bagi petugas AFFR. Hot drill ini merupakan salah satu program kerja dari AFFR yang diadakan minimal sekali dalam setahun. Hot drill atau latihan panas dilaksanakan dengan skala kecil  (partial exercise) melibatkan hanya beberapa instansi terkait khususnya ekstern di sekitar bandara internasional Adi soemarmo.

Latihan ini dilaksanakan tanggal 04 Juni 2015 pada malam hari di dalam perimeter sekitar lingkungan bandara Adi Soemarmo, dengan skenario pesawat Jalak Air JK 285 dari Bandara Sutta menuju Bandara Solo mengalami  trouble pada engine sebelah kiri dan terbakar. Pesawat Jalak Air dengan penumpang 100 pax, menimbulkan korban luka ringan 6 orang, luka sedang 4 orang, luka berat 3 orang dan meninggal 2 orang serta selamat 85 orang.

Latihan diikuti oleh personil AFFR yang on duty pada saat itu dan dibantu oleh unit dan instansi terkait lain di lingkungan bandara Adi soemarmo Surakarta. AFFR menggunakan pemadaman dan pertolongan dengan kendaraan Utama Foam Tender I Oshkosh dan Rescue Tender IV. Kendaraan  pendukung yang dilibatkan, comando car, 2 ambulance dan utility car sebagai mobil lighting untuk membantu penerangan dalam operasi. Proses evakuasi korban dari collecting area ke care area dibantu personil Rumkit TNI-AU dan KKP Wilker Semarang Jateng. Untuk pengamanan lokasi crash area oleh Aviation Security di dukung Sat POM TNI-AU. Jadi total personil latihan hot drill ini berjumlah 75 orang termasuk para korban.

Adapun maksud dan tujuan diadakannya latihan ini adalah untuk menguji efektifitas struktur organisasi fungsi-fungsi komando, komunikasi dan koordinasi antar unit dan instansi terkait sesuai dengan prosedur, Penanggulangan Keadaan Darurat dan Meningkatkan kesiapan dan menguji keterampilan personil di Bandara Internasional Adi Soemarmo Surakarta serta bertujuan untuk memantapkan dan meningkatkan  prosedur, koordinasi antar unit-unit kerja fungsional penyelamatan dan pertolongan dalam Penanggulangan Keadaan Darurat dan  meningkatkan kualitas SDM dan performance peralatan utama AFFR  sesuai dengan Standart Level of Servicedi Bandara Internasional Adi Soemarmo Surakarta.